Thursday, November 24, 2016

SOLUSI PENATAAN PEMUKIMAN NELAYAN DI SABANG MAWANG, KABUPATEN NATUNA



Pemukiman nelayan ini berlokasi di Sabang Mawang Barat, Kecamatan Pulau tiga, Kabupaten Natuna. Pemukiman ini terletak di pesisir Pulau dan mayoritas pemukimannya berada di atas air laut. Hal ini dikarenakan masyarakat yang sebagian besar merupakan nelayan yang memiliki kapal kecil yang di letakkan di dekat rumah mereka masing-masing. 


Kondisi pemukiman nelayan di Sabang Mawang Barat ini cukup baik dan umumnya rumah-rumah terbuat dari material kayu, karena tata letak dari masing-masing rumah yang masih beraturan sesuai dengan garis jalan dan saling berhadapan, umumnya rumah-rumah warga, tersusun ke arah laut sesuai dengan arah pelabuhan.


Sarana dan prasarana di daerah ini bisa di bilang kurang memadai, karena jalan di bagian pesisir hanya berupa tanah keras, sedangkan di bagian atas air laut hanya berupa jalan jembatan kayu. Tidak tersedianya fasilitas listrik dari PLN dan masyarakat hanya mengandalkan sumber listrik dari mesin genset masing-masing warga. 


Solusi Untuk Penataan Kawasan Pemukiman Nelayan
Menurut saya solusi yang tepat untuk penataan kawasan pemukiman nelayan adalah dengan membuat perencanaan penataan kawan tersebut, terutama dengan menata infrastruktur kawasan pesisir, infrastruktur yang sudah tersedia dan tersusun dengan baik akan menyesuaikan tata letak dari pemukiman nelayan di sana, karena pemukiman yang ada akan lebih menyesuaikan dengan infrastruktur dan akan membuat rumah-rumah yang akan di bangun lebih tersusun.
Dengan menciptakan infrastruktur seperti sumber air atau listrik akan menyebabkan persebaran pemukiman warga lebih tersusun karena pemukiman akan lebih banyak terdapat di tempat yang memiliki infrastruktur lengkap.
Cara lainnya untuk menata pemukiman nelayan yaitu dengan menyeragamkan bentuk persebaran pemukiman, untuk kawasan pemukiman nelayan yang berada di pesisir lebih cocok menggunakan sistem pemukiman yang linier karena pemukiman akan menjadi penghubung antara pesisir dan lautan, yang biasanya pemukiman nelayan lebih berfungsi sebagai jalan menuju pelabuhan atau daratan.
Penataan selanjutnya dari segi lingkungan pemukiman harus lebih adaptif terhadap lingkungan. Karena pemukiman bukan hanya sekedar kenyamanan di dalam bangunan, namun juga kenyamanan di area lingkungan pemukiman, lingkungan yang baik akan membuat pemukiman lebih baik. Pencemaran terhadap lingkungan akan membuat pemukiman lebih terlihat tidak tertata dengan baik.
Penataan pemukiman juga akan berimplikasi terhadap budaya masyarakat setempat, dengan aturan aturan yang ada pada masyarakat, maka pemukiman akan lebih mengikuti aturan budaya. Budaya juga akan mempengaruhi persebaran pemukiman, di daerah Melayu seperti di Sabang Mawang ini lebih terlihat kekeluargaan yang dekat karena pemukiman yang berhadapan dan berkelompok dan berdekatan.
Untuk daerah Sabang Mawang ini lebih dibutuhkan penataan dari segi infrastruktur karena kurangnya infrastruktur yang memadai akan membuat kawasan pemukiman di sana terlihat tidak tertata dengan baik.

Ditulis, Fachry Enzeta, 2015

Artikel Terkait