Sunday, November 27, 2016

STRUKTUR LENGKUNG PADA TERMINAL INTERNASIONAL WATERLOO INGGRIS



Data Bangunan
Lokasi pembangunan    : London,Inggris.
Tahun penyelesaian      : 1993
Panjang bangunan        : 400 m
Struktur bangunan         : Baja

Bahan bangunan           : Kaca dan stainless steel
Nama arsitek                 : Nicholas Grimshaw dan Patner
Klien                               : British Railways Board – European Passenger Services Ltd
Ukuran                           : 60,000 m2
Quantity Surveyor          : Davis Langdon & Everest
Layanan insinyur           : J Roger Preston & Partners
Kontraktor utama           : Konstruksi Bovis


Terminal Internasional Waterloo adalah sebuah terminal kereta listrik yang mengambil bentukan berupa analogi dari ular yang melintasi kota. Bangunan ini dikategorikan sebagai arsitektur techno arthistic yang terlihat dari pemakaian material bangunan dan struktur yang digunakan. Material utama bangunan ini adalah berupa baja dan kaca, yang diterapkan dalam bentukan lengkung dan bentangan yang panjang. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah kepadatan penumpang yang ada di areal terminal ini, baik yang di bagian arrival maupun departure. Pemakaian kaca di sepanjang bangunan memudahkan cahaya alami masuk ke dalam bangunan. Hal ini memberikan kenyamanan pada penumpang kereta yang ingin bepergian karena ketersedian cahaya alami sehingga mengurangi kesan gerah yang biasanya terjadi pada bangunan-bangunan atau tempat-tempat yang banyak dikunjungi orang.
Stasiun baru menjadi landmark London dan simbol teknik modern. Fitur yang paling menonjol adalah atap sepanjang 400 meter yang menjalankan seluruh panjang platform melengkung, di lebar lima rel baru.
Atap adalah serangkaian baja pipih lengkungan yang bersama-sama memiliki lebih dari 2.520 panel kaca. Ini tumpang tindih untuk mengakomodasi kedua kurva longitudinal dan lengkungan itu sendiri. Namun, spektakuler seperti atap, 90 % dari anggaran £ 120 juta sebenarnya dihabiskan untuk struktur tingkat yang lebih rendah. Ticketing , keamanan, kontrol paspor, menunggu dan concourse daerah, kedatangan dan keberangkatan-semua ditampung di tingkat bawah.


Ada kubah batu bata di bawah stasiun diperbaiki dan ditingkatkan, dan baru, kotak beton bertulang dibangun sebagai fondasi bangunan baru, dan untuk menyediakan ruang parkir mobil di atas ada garis London Underground. Di atas ini , lima viaducts dua lantai membawa jalur rel baru dan kereta 800 ton, dan juga harus menanggung gaya pengereman mereka
Kelima viaducts didukung oleh grid kolom beton silinder yang bangkit dari tingkat carpark, melalui tingkat sirkulasi ke platform. Sebuah dinding kaca struktural memisahkan Waterloo Station tua dengan baru.
Namun, itu adalah atap gudang kereta itulah bintang yang tak diragukan. Ini terdiri dari 36 pin tiga lengkungan bentang bervariasi dari 32.7m untuk 48.5m . Kurva dalam dua arah , penyempitan menuju ujung. Hal ini memungkinkan untuk platform yang lebih luas lebih dekat ke stasiun pintu masuk / keluar , di mana kepadatan penumpang terbesar. Lengkungan atap curam di sisi barat dan di sini kereta melewati dekat dengan struktur.
Lengkungan yang terdiri dari dua gulungan melengkung berbeda, segitiga dalam bagian, dengan booming kompresi baja tubular ( CHS ) dan booming ketegangan baja padat. Lengkungan yang asimetris , dengan sisi panjang ke timur , mendukung area atap yang solid. Disposisi ini berarti gulungan Timur membutuhkan dua balok kompresi pada sisi luarnya, dengan booming ketegangan tunggal di bawah ini. Hal ini menghasilkan dorong horisontal melalui sendi pin ke gulungan pendek di sisi barat.
Pola momen lentur dibalik dalam gulungan pendek, di mana booming kompresi tunggal yang diperlukan di bagian dalam dan sepasang booming ketegangan di luar. Diameter dan ketebalan dinding booming kompresi bervariasi sesuai dengan momen lentur, dengan ukuran terkecil dekat dengan sendi pin. Hal ini dicapai dengan teleskop satu tabung ke yang lain, dan menggorok tabung dan rewelding mereka untuk membentuk kemiringan selama fabrikasi.
Dimensi Truss dan konfigurasi bervariasi dengan lentur persyaratan saat juga. Gulungan yang lebih dalam dan lebih luas di tengah bentang . Kedua kompresi dan ketegangan anggota melengkung-insinyur struktur Anthony berburu menggambarkan gulungan sebagai "berbentuk pisang". Melengkung, meruncing gulungan kemudian digunakan untuk efek yang besar di Stadion Galpharm di Huddersfield.
Sebuah struktur baja tubular sekunder memberikan garis menguatkan antara gulungan dan mendukung cladding dan kaca. Struktur ini pada gilirannya bersiap silang oleh baja batang ketegangan dengan konektor bercabang desain yang berasal dari komponen tali-temali kapal pesiar.
Atap kaca yang diadakan di tempat oleh aluminium sash bar, ditempatkan untuk mengurangi berat badan mereka. Di sisi barat, kaca memiliki lapangan melintang, mengarahkan air hujan ke titik pengumpulan di basis gulungan. Daerah padat atap cladding terdiri dari panel stainless steel, diletakkan dalam pola herringbone dan melekat pada bagian luar gulungan. Pola ini gema dari bentuk belah ketupat yang memungkinkan panel datar untuk membentuk sebuah pesawat melengkung di Konservatorium besar di Chatsworth House (Decimus Burton dan Sir Joseph Paxton). Daerah - baja berpakaian terlalu bernada.
Kereta gudang adalah sepotong mengesankan desain, salah satu yang membayar penghormatan kepada rekayasa usia kereta api. Pengalaman berburu dengan menggunakan beberapa jenis komponen struktural batch- diproduksi untuk mencapai hasil yang kompleks benar-benar menunjukkan di sini. Struktur ini disatukan tapi tidak seragam. Logis jaringan struktural bujursangkar mengakomodasi kompleks, mengular lonjong rencana - form.
Pada tahun 2008 , Terowongan Channel ke bagian pusat kota London dari link rel kecepatan tinggi selesai. Baris ini menggunakan terminal baru di St Pancras Station, rendering Waterloo International Terminal usang. Sebuah penggunaan baru harus ditemukan untuk struktur yang senang penumpang kereta api hanya 15 tahun. 


Eurostar kereta api, yang mempekerjakan Waterloo International Terminal , lebih panjang dari kereta sebelumnya digunakan oleh stasiun. Oleh karena itu, perlu bagi struktur untuk mengakomodasi kereta lagi. Rel kereta api yang ditinggikan di atas tiga tingkatan tambahan, menyusun sisa terminal . Ada potensi beban hidup besar karena kereta pengereman. Struktur melengkung cukup fleksibel untuk mengakomodasi membedakan kekuatan karena kereta masuk dan keluar stasiun. Struktur ini dirancang untuk rentang hidup 125 tahun . Bentuk atap merespon perintah dari situs, khususnya ke barat di mana atap harus naik lebih tajam untuk mengakomodasi ketinggian kereta .


Gaya gravitasi menekan pada struktur lengkung. Pasukan yang kemudian ditransfer ke pondasi beton melalui lengkungan. The pondasi beton menyediakan pasukan ke atas yang menjaga keseimbangan sistem.


Berfokus pada pentingnya integrasi lengkungan dan struktur truss, khususnya efek dari buku dan pin sendi pada integritas struktural mereka. Cara dengan mana beban ditransfer adalah kepentingan penting juga. Sebagai sebuah entitas struktural, Waterloo International Terminal mempertahankan estetika yang mengubah sesuatu yang rutin sebagai stasiun kereta api menjadi sebuah karya seni yang menyajikan pengalaman menarik bagi pengguna.
Konstruksi Bahan :



Atap terdiri dari lebih dari 10.000 m² kaca dan 7.000 m² lembaran stainless steel . Gulungan bergabung dengan buku-buku jari baja cor dan pin stainless steel . Terikat -arch memenuhi tanah dengan pondasi beton bertulang.


Referensi:
http://www.engineering-timelines.com/scripts/engineeringItem.asp?id=243
http://grimshaw-architects.com/project/international-terminal-waterloo
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Waterloo_International_after_closure_front.JPG
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Waterloo_from_London_Eye.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/cb/London_Waterloo_former_Eurostar_station.JPG
http://europeforvisitors.com/paris/images/plan_eurostar_london_st_pancras_train_shed_w_train_rail_europe.jpg
http://cargocollective.com/abovebelowdesign/STUDY-OF-WATERLOO-INTERNATIONAL-TERMINAL

Artikel Terkait